Aksara tahun ini sudah mulai memasuki periode “sekolah”, ya beraktivitas untuk mengisi waktu luang. Kata sekolah sendiri yang diserap dari bahasa latin yakni skhole, scola, scolae, schola, mempunyai makna “waktu luang” atau “waktu senggang”.

Dalam aktivitas mengisi waktu luang ini, Aksara bergabung dengan kelompok Taman Posyandu Nusa Indah, sebuah kelompok bermain yang terafiliasi dengan lembaga pemerintahan desa. Taman Posyandu Nusa Indah sendiri merupakan pilihan alternatif bagi masyarakat desa yang ingin anak mereka punya aktivitas mengisi waktu luang.

Biaya pendaftaran yang sangat terjangkau untuk masyarakat desa membuat Taman Posyandu Nusa Indah memiliki anggota belajar yang cukup banyak, setidaknya ada sekitar 20-an anak yang seangkatan dengan Aksara. Cukup merogoh kocek 65 ribu rupiah untuk menebus seragam dan 5 ribu rupiah untuk setiap kali hadir dalam kelas.

Biaya pendaftaran sendiri tidak dipatok nominalnya, peraturan ini juga memudahkan orang tua untuk memberikan pilihan alternatif aktivitas bagi anaknya. Iza sendiri membayar biaya pendaftaran untuk Aksara sebesar 100 ribu rupiah, jumlah yang cukup lumayan di atas rata-rata biasanya.

Waktu masuknya dimulai pukul 8 pagi dan berakhir pukul 9.30 pagi, waktu yang cukup bagi anak-anak. Karena rentang usia di bawah 4 tahun, rata-rata kemampuan konsentrasi mereka berada di rentang waktu 4-12 menit. Sisa waktu yang panjang bisa dihabiskan untuk bermain, bersosialisasi, dan mengenal diri.

Intensitas kelasnya pun cukup sering, dalam waktu seminggu setidaknya Aksara bisa menghabiskan waktu mengisi luang di Taman Posyandu Nusa Indah sebanyak 3 kali dengan jeda 1 hari pada tiap kelasnya.

Selain menghabiskan waktu luang di Taman Posyandu Nusa Indah, Aksara juga tergabung di McKids dekat rumah. McKids juga salah satu alternatif yang bisa jadi pilihan orang tua sub-urban untuk memberikan alternatif aktivitas. Dengan biaya pendaftaran 60 ribu rupiah per tahun anak-anak bisa mendapatkan ilmu baru, pengalaman baru, dan kawan-kawan baru yang menyenangkan tentunya.

Di McKids, dengan nominal pendaftaran tersebut, Aksara sudah mendapatkan seragam untuk menemani aktivitasnya. Nominal yang sangat terjangkau untuk memberikan pengalaman yang berharga bagi anak.

Sedangkan untuk intensitas aktivitas pertemuannya, cukup seminggu sekali di akhir pekan bisa di hari Sabtu atau Minggu tergantung ketersediaan ruangan.

Pilihan-pilihan yang saya dan Iza ambil tentu akan berbeda dengan pilihan-pilihan yang mungkin kawan-kawan ambil. Karena preferensi tiap orang akan sangat berbeda tergantung apa yang kalian rasakan. Poin pentingnya adalah sebagai orang tua berusaha memberikan fasilitas untuk anak tumbuh dan berkembang secara baik, bahkan kalau bisa lebih baik dari masa kecil orang tuanya dulu.

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started